ABSTRAK
Penelitian ini berjudul “Keefektivitasan Media Lagu “Terbang” dari Vierra dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas
VIII A SMP Negeri 29 Bandung Tahun Pelajaran 2009/2010”. Penelitian ini berawal
dari beberapa permasalahan, yaitu 1) Pembelajaran menulis puisi masih mengalami
kesulitan dalam proses pelaksanaannya, 2) Guru belum dapat menggunakan metode,
teknik, atau media pembelajaran menulis puisi dengan tepat, 3) kurangnya minat
menulis, sebagian siswa berpendapat menulis adalah kegiatan yang sulit dan
mereka lebih menyenangi sesuatu mudah sekaligus menyenangkan misalnya menonton
pementasan karya sastra lalu mengapresiasikannya, ketimbang memproduksi karya
sastra sendiri. Berdasarkan permasalahan di atas, maka penulis mengajukan hipotesis
bahwa “terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum
dan sesudah menggunakan media lagu “Terbang” dari Vierra dalam pembelajaran
menulis puisi”.
Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu
(Quasi Experiment) dengan desain pretest and postest design. Populasi
penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A SMP Negeri 29 Bandung. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII A dengan siswa sebanyak 31
orang. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar
observasi, lembar tes (pretest dan postest), dan angket.
Berdasarkan hasil tes diperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 55,29 dan rata-rata postest sebesar 67,87. Dari data tersebut, penulis dapat
mengetahui peningkatan kemampuan menulis puisi siswa sebelum dan sesudah proses
pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media lagu “Terbang” dari Vierra.
Berdasarkan hasil perhitungan uji t, menggunakan taraf signifikansi 0,01 atau
tingkat kepercayaan 99% dan derajat kebebasan 30, diperoleh thitung
8,35 dan ttabel 2,46. Dengan demikian dapat diambil simpulan bahwa
jika thitung > ttabel, yaitu 8,35 > 2,46 maka HO
ditolak dan H1 diterima. Hal ini menandakan bahwa media lagu
“Terbang” dari Vierra efektif dan dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi.
Berdasarkan hasil angket, penggunaan media lagu Vierra dalam pembelajaran menulis
puisi mendapat respon positif dari siswa. Hal ini terbukti dengan hasil
pengolahan angket yang menunjukkan bahwa hampir sebagian besar siswa atau
responden menyukai media lagu Vierra dalam pembelajaran menulis puisi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar